Diundang Dinner dengan Kedubes Republik Korea di Indonesia, First Secretary Korean Embassy & VANK dari Korea – TeKo Nang Jawa di Surabaya


 

Sebagai Sahabat Korea, Official Supporter Social Media Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia, hampir seluruh acara yang diselenggarakan oleh Kedubes Republik Korea di Indonesia mengundang kami. Termasuk saat diselenggarakannya tur TeKo (Teman Korea) Nang Jawa, di mana Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom, bersama staff Kedubes Korea melakukan perjalanan 1000 KM menyusuri Jawa. Perjalanan dimulai dari Jakarta, Teman Korea singgah di beberapa kota antara lain Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya dari tanggal 2-7 September 2019. Artikel seputar TeKo Nang Jawa bisa dibaca di SINI.

Sahabat Korea yang tinggal di kota-kota tersebut pun diundang untuk ikut hadir menyambut Dubes Korea dan memeriahkan acara. Termasuk aku yang tinggal di Jember, atau sekitar 5-6 jam dari Surabaya, nggak mau melewatkan kesempatan memeriahkan acara TeKo Nang Jawa.

Dinner dengan Kedubes Korea, First Secretary Korean Embassy, dan VANK

Beberapa hari sebelum Dubes dan rombongan tiba di Surabaya, Miss Dodam Chung, salah satu staff Kedubes menghubungi Sahabat Korea yang berencana menghadiri TeKo Nang Jawa di Surabaya untuk makan malam dengan staff Kedubes pada hari Jumat, 6 September 2019 pukul 18.00 di Hotel Shangri-La Surabaya.

Bus TeKo Nang Jawa di Shangri-La Hotel Surabaya. Sayangnya lupa nggak foto di depan bus nih.

Di acara makan malam tersebut kami bertemu dengan Miss Dodam Chung dan Miss Heegi yang merupakan staff Kedubes Korea, Miss Chon Eui Jin yang merupakan First Secretary Korean Embassy, dan Mr Park Gitae, Miss Jiwon dan tim dari Voluntary Agency Network of Korea (VANK), delegasi diplomasi siber di bawah Kementerian Luar Negeri Korea Selatan. Sahabat Korea yang ada di Jawa Timur hanya ada empat orang. Aku dari Jember, Angelika dari Surabaya, Zahra dari Gresik, dan Alan dari Malang.

Kami kemudian memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris. Semua berasal dari Korea Selatan, namun dua orang staff Kedubes fasih berbahasa Indonesia. Sedangkan staff dari VANK khusus ditugaskan ke Indonesia untuk acara TeKo Nang Jawa. Sehingga dalam obrolan kami saat itu hampir 90% menggunakan bahasa Inggris, 10% antara bahasa Indonesia dan Korea.

Kami ngobrolin tentang hubungan antara Korea dan Indonesia, acara-acara yang berhubungan dengan Korea ke depannya, hingga drama Korea. Kami menghabiskan waktu selama dua jam untuk ngobrol seru dan santai.

Ada bingkisan yang mereka berikan untuk kami juga saat itu. Satu dari Kedubes Korea yaitu goodies TeKo Nang Jawa yang berisi kaos, pensil, notes, dan lain-lain.

Goodies TeKo Nang Jawa dari Kedubes Korea (Dok. Pribadi)

Sedangkan satu lagi dari VANK yang berisi postcard dan maps yang berisi informasi-informasi seputar Korea, mulai dari sejarah hingga makanan. Rencananya, informasi-informasi seputar Korea ini bakal aku share di www.hallyu-story.com. Jangan lupa mampir ya, hehe~

Goodies dari VANK Korea (Dok. Pribadi)

Untuk video unboxing bingkisan dari Kedubes Korea dan VANK (ciee ala-ala vloggers ya kaaan), bisa tonton videonya di bawah ini ya.

TeKo Nang Surabaya

Surabaya menjadi kota terakhir yang disinggahi Dubes Korea beserta rombongan di acara TeKo Nang Jawa. Di hari Sabtu, 7 September 2019 pun diadakan Wrap Up Ceremony di Galaxy Mall 3 Surabaya. Masih bareng sama Sahabat Korea yang lain, aku ikut datang ke acara yang dimeriahkan oleh demo masak bibimbab dengan porsi besar, lomba Taekwondo amatir di Surabaya yang bekerja sama dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), bazaar K-Food, lomba dance cover K-Pop, K-beauty class, cooking show with Jun Chef, penyewaan Hanbok gratis, dan masih banyak lainnya.

Sahabat Korea bersama Dubes Korea untuk Indonesia Bapak Kim Chang Beom dan staff Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia (Photo by Sahabat Korea Angelika W.)

Di bazaar K-Food ada banyak makanan khas Korea yang dijual ataupun kamu bisa nyobain sample sebelum membeli, mulai dari tteokppoki, ice cream khas Korea, chap jae Korea, snack Korea, dan lain-lain. Acara TeKo Nang Surabaya ini diselenggarakan selama dua hari, jadi kamu bakalan puas buat menikmati acara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia, Korean Tourism Organization, Korean Cultural Center, dan Taste of Love K-Food bekerja sama dengan Pemerintah setempat.

Di siang itu, aku akhirnya bertemu dengan Dubes Kim Chang Beom lagi setelah pertama kalinya bertemu di bulan Januari kemarin dalam acara Launching Ceremony Sahabat Korea di Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta. Tentu sangat berterima kasih dan bangga karena bisa diundang di setiap acara Kedubes Korea sebagai Sahabat Korea termasuk siang hari itu. Acara yang dimulai dari pukul 13.00 WIB itu pun ditutup oleh Dubes Kim Chang Beom di depan bus TeKo Nang Jawa bersama dengan puluhan peserta lomba Taekwondo.

Kapan lagi selfie bareng Bapak Dubes Korea!

Kami cukup lama stay di tempat acara, mulai dari jam 1 siang hingga setengah tujuh malam. Meski di tengah-tengah acara kami cari makan buat sarapan. Kirain aku doang sih yang belum sarapan sampai jam 2 siang, ternyata teman-teman yang lain juga belum makan hahaha. Ya udah deh, kita sarapan plus makan siang sambil ngobrol-ngobrol (masih soal Korea tentu saja hahaha).

Nggak lupa dong kami juga foto bareng sama Jun Chef, chef asal Korea Selatan yang masakannya bisa kamu cobain di 88Kitchen, Jakarta. Pria yang akrab disapa sebagai Cabe Boy ini juga dikenal sebagai Youtuber yang lumayan fasih bahasa Indonesia lho! Jun Chef ramah dan baik banget waktu kami ajakin foto bareng. Kepoin Instagramnya di SINI! Terima kasih, Jun Chef!

Bareng Jun Chef sebelum acara Cooking Show.

Selain teman-teman Sahabat Korea, ada salah satu teman aku yang datang juga nih buat ikutan seru-seruan di TeKo Nang Surabaya. Namanya Farah, ibu Dosen di Universitas Airlangga (bangga akutuuu). Sekitar dua tahun sejak aku pindah ke Malang dan sekarang gantian dia yang pindah ke Surabaya. Finally, bisa ketemu lagi! Meski dia harus berkorban nggak jadi pulkam ke Jember biar bisa ketemu, huhu maapkeun dan makasih banget lho!

Akhirnya ketemu lagi sama Farah setelah dua tahunan hahaha (Photo by Farah)

Farah juga nyobain Hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan nih. Setelah nunggu berjam-jam karena banyak yang penasaran pingin nyobain jadinya harus sabar ngantri. Sewanya gratis kok, cuma disuruh isi data diri aja. Kemudian kita bisa pilih Hanbok yang kita pingin pakai. Ada sekitar 10 Hanbok untuk laki-laki dan perempuan yang disediakan untuk bisa buat foto-foto di venue acara.

Farah nyobain pakai Hanbok.

Well, menurutku acara ini nggak bisa dihentikan sampai sini aja sih. Artinya, bisa nih kalau tahun depan ada TeKo Nang Jawa season 2. Aku dengar-dengar sih bakal ada rencana untuk season 2. Teman Korea bakal mengunjungi beberapa kota di Jawa lainnya, seperti Yogyakarta dan Malang. Aku harap rencana ini bisa terealisasi ya. Follow Instagram @koremb.idn, @kcc.id, @ktoid, dan @dubes.korsel untuk update seputar acara-acara Kedubes atau yang berhubungan dengan Korea biar nggak ketinggalan. Sampai ketemu di acara Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia selanjutnya!

See you again, Sahabat Korea! (Photo by Sahabat Korea Angelika W)

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s