Momen Peluncuran SAHABAT KOREA di Jakarta, Social Media Supporters Kedutaan Besar Republik Korea


Social Media Supporters Kedutaan Besar Republik Korea telah resmi diluncurkan. Sebanyak 100 supporters yang terpilih dari 928 pendaftar akan menjadi penggerak utama untuk mempromosikan Korea di Indonesia sepanjang tahun 2019. Social Media Supporters Kedutaan Besar Republik Korea juga bisa disapa sebagai SAHABAT KOREA.

SAHABAT KOREA pun memiliki berbagai macam profesi nih mulai dari mahasiswa, karyawan swasta, marketing, blogger, desainer grafis, travel agent, jurnalis, fotografer, pekerja di media. Belum lagi ada yang sudah pernah ke Korea sebanyak 12 kali, kuliah di Busan 2 tahun dan Seoul 2 tahun. Nggak cuma itu yang bikin bangga, karena ada juga animator dan desainer ternama Indonesia, serta model Wajah Femina 2016!

Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta

Peluncuran SAHABAT KOREA dihadiri oleh Kedutaan Besar Republik Korea yakni Duta Besar Korea untuk Indonesia Bapak Kim Chang Beom. Korea Cultural Center (KCC), Korea Tourism Organization (KTO), Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia Business Center juga turut hadir dalam acara yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Korea itu. Selain itu, Direktur Asia Timur dan Pasifik dari Kementerian Luar Negeri RI, Bapak Edi Yusup juga hadir di tengah-tengah kami.

SAHABAT KOREA ini bertujuan untuk mendukung kegiatan diplomasi publik Kedubes Republik Korea tahun 2019. Seperti apa sih momen acara peluncuran yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2019 itu?

Tari Tradisional hingga Foto Bersama Duta Besar Republik Korea

Lorensius dan Shela nyobain foto di Instagram foam-board milik Kedubes nih © Instagram.com/kcc.id

Banyak momen menarik nih yang terjadi saat peluncuran SAHABAT KOREA. Acaranya seru banget tapi juga penuh dengan makna. Ketika memasuki gedung Kedubes, kami disambut dengan Hanbok (baju tradisional Korea). Para SAHABAT KOREA pun nggak mau menyiakan kesempatan buat memakai Hanbok sambil foto dengan menggunakan Instagram foam-board.

SAHABAT KOREA memakai Hanbok (baju tradisional Korea) © Instagram.com/kcc.id

Tepat pukul 15.00 kami pun diperkenankan masuk ke hall utama untuk acara peluncuran. Meja bundar pun sudah dipersiapkan di sana. Kami boleh duduk di meja mana saja. Otomatis, secara random kami duduk dengan teman yang belum dikenal sebelumnya. Di dalam kami juga disuguhi tteok (makanan khas Korea), berbagai macam kue dan minuman. Benar-benar menyenangkan!

Acara dibuka dengan pertunjukkan dari tarian tradisional Korea Selatan oleh Asosiasi warga Korea di Indonesia. Dilanjutkan dance cover oleh Coming Soon yang berasal dari Bandung.

Sambutan Duta Besar Republik Korea Kim Chang Beom © Kedubes Republik Korea

Duta Besar Republik Korea kemudian memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, Kim Chang Beom mengatakan bahwa Indonesia dan Korea itu punya hubungan baik.

“Korea Selatan dan Indonesia adalah sahabat sejati dan sahabat sehati. Kita saling mendukung dan melengkapi,” ujar Kim Chang Beom dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih.

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Edi Yusup memberikan sambutan © Kedubes Republik Korea

Sambutan dari Kim Chang Beom kemudian dilanjutkan oleh Edi Yusup. Beliau berbagi cerita kejadian menarik antara pemimpin kedua negara, Joko Widodo dan Moon Jae In. Pria yang pernah tinggal di Korea ini pun mengungkapkan pertemuan Jokowi dan Moon Jae In bisa memakan waktu hingga berjam-jam dikarena chemistry yang begitu erat.

“Jadi yang pertama, Presiden Moon Jae In dan Presiden Joko Widodo itu chemistrynya sangat baik. Jadi satu-satunya pertemuan yang saya pernah dampingi Presiden itu hanya dengan Presiden Moon Jae In, Bapak Presiden Joko Widodo bisa dengan tenang atau dengan nikmat beliau bicara dari jam 08.30 pagi sampai jam 10 malam,” ungkap Edi Yusup.

“Paling cepat biasanya dua jam, tapi dengan Presiden Moon Jae In ini bisa dari pagi sampai sore,” tambahnya.

Presentasi dari perwakilan Kedutaan Besar Republik Korea tentang SAHABAT KOREA © Kedubes Republik Korea

Setelah itu, Deborah dari KCC, Irma dari KTO dan Dania dari KOCCA pun turut memberikan informasi seputar organisasi yang mendukung kebudayaan dan destinasi wisata Korea di Indonesia.

Desainer Ai Syarif saat mewakili kelompoknya dalam mini workshop seputar Korea © Kedubes Republik Korea

Baca Juga: Diresmikan oleh Duta Besar Korea Selatan, SAHABAT KOREA Masuk Media Online Korea

Acara pun dilanjutkan dengan mini workshop, diskusi mengenai K-Pop, K-Food, K-Beauty, Hubungan Bilateral Indonesia dan Korea dan pariwisata Korea. Nggak lupa nih, para SAHABAT KOREA juga diberi sertifikat, dan hadiah dari Kedutaan, serta kaos berlogo SAHABAT KOREA. Pada sesi terakhir, kami pun diberi kesempatan untuk foto bersama.

Baca Juga: 3 Fakta Seputar Blue House, Kediaman Resmi Presiden Korea Selatan

Tugas SAHABAT KOREA

Sepanjang tahun 2019, SAHABAT KOREA sudah memulai tugasnya sebagai Social Media Supporters Kedubes Republik Korea. 100 orang ini nantinya akan melakukan berbagai kegiatan untuk mempromosikan Korea di Indonesia.

SAHABAT KOREA © Kedubes Republik Korea

Mulai dari share postingan social media Kedubes Republik Korea, membuat postingan sesuai dengan tema yang telah diberikan setiap bulan, menulis ulasan setelah hadir di acara yang diselenggarakan oleh Kedubes Republik Korea atau organisasi terkait, serta berpartisipasi dalam konferensi diplomasi publik yang diselenggarakan oleh Kedubes Republik Korea. Semuanya dibagikan melalui akun Instagram, Twitter, Facebook, Youtube ataupun blog pribadi.

Penyerahan sertifikat kepada perwakilan SAHABAT KOREA © Instagram.com/kcc.id

Termasuk dalam proyek SAHABAT KOREA, Kedutaan Besar Republik Korea akan mempromosikan diplomasi publik digital melalui berbagai platform seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan lainnya. Secara khusus, Kedubes Republik Korea akan berupaya agar generasi Milenial di Indonesia, negara dengan rata-rata usia penduduk di bawah 30, memahami dan memiliki kesan yang baik tentang Korea.

Penyerahan sertifikat kepada perwakilan SAHABAT KOREA © Instagram.com/kcc.id

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Korea merekrut SAHABAT KOREA melalui pengumuman di website resmi dan social media Kedubes Republik Korea. Selama kurang dari tiga minggu, 928 orang mendaftar untuk menjadi social media supporters Kedubes Republik Korea.

Kedubes Republik Korea memilih 100 orang dari 928 berdasarkan jumlah follower social media, kuantitas dan kualitas postingan, minat tentang Korea, hasrat menjadi SAHABAT KOREA dan lain-lain.

Bareng teman-teman semeja nih

Selain itu, SAHABAT KOREA juga memiliki minat dalam berbagai bidang terkait dengan Korea seperti kebudayaan tradisional, K-Pop, K-Pop cover dance, makanan Korea, bahasa Korea, perjalanan ke Korea, K-beauty serta berdasarkan minat tersebut dengan antusias aktif di dalam social media.

Bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia

Nah, sudah tahu kan apa itu SAHABAT KOREA. Ikuti terus update dari saya seputar Korea di akun Instagram, Twitter, Facebook dan blog ya. Semoga informasi dariku bisa menambah wawasanmu tentang Korea. Kita semua SAHABAT KOREA! Semangat!

Rilis lengkap bisa dicek di http://overseas.mofa.go.kr

 

Sumber: Website Kedutaan Besar Republik Korea

Foto: Koleksi Pribadi, Kedubes Republik Korea, Instagram kcc.id

 

Artikel ini ditulis oleh Mita Anandayu setelah menghadiri acara peluncuran SAHABAT KOREA pada hari Sabtu, 19 Januari 2019 di Kedutaan Besar Republik Korea dan sebagian lagi dikutip dari website resmi Kedutaan Besar Republik Korea pada hari Rabu, 23 Januari 2019 pukul 20.05 WIB sebagai #SahabatKorea (Social Media Support of Embassy Republic Korea in Indonesia ) untuk Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s